Posted by : Muhamad David Kamis, 23 Juni 2016

Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang mulai dibangun pada tahun 2009 di Jl.Raya Tlogomas No.45 Malang Jawa Timur. Rumah sakit Universitas Muhammadiyah Malang ini diresmikan pada tanggal 17 Agustus 2013 yang bertepatan dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 68. Persis ya dengan simbol UMM merah putih. Rumah sakit ini merupakan sarana penunjang pendidikan dan merupakan salah satu profit center dari Universitas Muhammadiyah Malang.
Lokasi rumah sakit ini nggak jauh dari Kampus 3 Universitas Muhammadiyah Malang, tepatnya di sebelah timur terminal Landungsari. Berdiri diatas tanah seluas 9 hektare dan memiliki bangunan utama setinggi 6 lantai dan beberapa bangunan gedung penunjang setinggi 5 lantai dan gedung rawat inap setinggi 3 lantai. Bentuk bangunan rumah sakit dan masjid dengan karakter tiongkok membuah rumah sakit ini mudah dikenali.


Selain Masjid AR. Fachruddin, UMM juga punya Masjid KH. Bedjo Darmoleksono yang terletak  di Jl.Raya Tlogomas No.45 Malang JATIM di halaman RS UMM. Bentuk dan warna bangunan masjid ini sangat unik karena menyerupai bangunan tiongkok, bentuk inilah yang membuat masjid ini mudah dikenali. Rektor UMM, Muhajir Effendi, mengatakan, anggaran pembangunan masjid bergaya oriental tersebut lebih dari Rp 1 miliar, dan pembangunannya satu paket dengan RS UMM di kawasan Tlogomas. Masjid ini diberi nama Masjid KHM Bedjo yang diambil dari nama seorang tokoh pembaharu Muhammadiyah Malang pada tahun 1930-an, yakni KH Bedjo Darmoleksono. Emm sungguh bersejarah.
Bangunan masjid ini sengaja didahulukan ketimbang rumah sakit. Karena menurut Muhajir Effendi bangunan spiritual harus ditegakkan dulu untuk selanjutnya bangunan fisik.


Itu blog tentang RS.UMM Mesjid KH M. Bedjo Darmoleksono .. smoga bermanfaat ya

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Pages

Blogger templates

- Copyright © Mohamad David - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -