Posted by : loli Kamis, 23 Juni 2016

BONDOWOSO

Bondowoso, Kota kabupaten ini salah satu kota yang tidak memiliki garis pantai di Jawa terletak di daerah Jawa Timur yang bertetangga dengan Kabupaten Jember di sebelah Selatan, utara dengan Kabupaten Situbondo, timur dengan Kabupaten Banyuwangi dan Barat dengan Kabupaten Probolinggo.

Dikenal dengan Kota Tape atau kota Pensiunan. Gerbong Maut merupakan Monument Bersejarah dalam sejarah perjuangan Bangsa, Bondowoso khususnya.

Kota ini berhawa dingin  karena daerah perkotaan terletak di daerah agak tinggi dibanding kota Kabupaten sekitarnya, meskipun kota ini terbilang kecil namun meninggalkan banyak bukti sejarah peradapan purba(Megalith) banyak  situs purba yang hingga kini masih bisa kita lihat, bagaimana dan seperti apa situs tersebut akan  saya ulas berikut image-nya pada article Blog ini. Disamping itu pula ada Seni Budaya Asli Bondowoso yang patut kita lestarikan “Kontes Aduan Sapi” yang  Lahir bersamaan dengan mulai berdirinya dan dibukanya daerah Bondowoso Oleh KI. RONGGO sebagai Adipati I dan masih banyak  lagi Potensi daerah   lainnya yang  perlu kami perkenalkan selain Obyek Wisata “Kawah Ijen” yang sudah dikenal di Manca Negara.

 

MAKANAN

 

Makanan khas suatu daerah memang menjadi makanan yang banyak di buru oleh wisatawan yang datang berkunjung ke suatu daerah. Nah, jika anda sedang ada di bondowoso, maka berikut ini adalah 7 makanan enak di bondowoso yang bisa kamu cicipi :

1. Bakso solo kencana

bakso solo kencana
Nah untuk kamu yang suka dengan bakso, maka jika kamu ada di bondowoso, kamu harus mencoba bakso solo kencana ini. rasanya enak dan baksonya lembut ketika di kunyah. Selain itu kuahnya pun segar dan juga gurih loh. 1 porsinya hanya di banderol sebesar Rp. 15.000 saja. lokasinya ada di Jl. imam bonjol, bondowoso, jawa barat.

2. Strawbery’s juice bar


Strawbery’s Juice Bar
Nah jika kamu penyuka buah stawbery maka kamu harus mencoba strawbery’s juice ini. strawberry yang di buat jus dengan rasa yang manis asam dan juga segar ini sangat segar dan sangat cocok jika di nikmati di siang hari. 1 porsinya hanya di banderol dengan harga Rp. 10.000 rupiah saja. lokaisnya ada di jl. jend. Ahmad yani, bondowoso, jawa timur.

3. Pecel madiun tamansari


Pecel madiun tamansari
Nah, satu lagi kuliner yang ada di bondowoso yang bisa kamu cicipi. Yakni pecel madiun tamansari. Pecel ini sajiannya sama saja dengan pecel lainnya, akan tetapi untuk rasanya lebih unik dan juga lebih enak di bandingkan dengan pecel yang ada. Pecel madiun ini di banderol dengan harga Rp. 7.000 rupiah. Lokasinya ada di jl. bondowoso, santawi jawa barat.

4. Boneless chicken


Boneless chicken
Jika kamu penyuka makanan yang terbuat dari ayam, maka conlles chicken ini lah yang menjadi pilihan yang anda tuju ketika anda ada di bondowoso. Bonlees chicken ini di masak dengan takaran bumbu rempah yang pas sehingga rasanya enak dan juga mengggiurkan untuk di cicipi. 1 porsinya hanaya Rp. 10. 000 saja. lokasinya ada di jl. tirta asri bondowoso.

5. Sate blitar


Sate Blitar
Sate memang makanan yang enak dan juga banyak penyukanya. Nah di blitar ini ada penjual sate yang enak dan terkenal, baik itu sate kambing atau pun sate ayamnya. Perpaduan bumbu kacang yang pas dan juga daging yang matang ini dapat membuat anda ketagihan. 1 porsinya hanya Rp. 13.000 saja. lokasinya berada di jl. ayani, bondowoso.

6. Tape Bondowoso


tape bondowoso
Tape manis Bondowoso terbuat dari  singkong pilihan yang di difermentasikan dengan ragi sehingga menghasilkan aroma yang khas dan manis rasanya, untuk jajanan yang satu ini sudah menjadi makanan khas kota bondowoso, bahkan menjadi oleh-oleh wajib bagi anda pencinta kuliner, ada beberapa merek yang cukup terkenal diantaranya Tape 31, Tape 82, Tape Agape 07 dan masih banyak lagi.

7. Nasi bondowoso


Nasi bondowoso
Nah terakhir nih, ada menu nasi bondowoso yang banyak di jadikan pilihan makanan ketika ada ddi bondowoso ini. nasi bondowoso ini di sajikan dengan berbagai sayur mayu dan juga lau pauk yang mewah dan cita rasa yang lezat. jika anda mencoba nasi bondowoso ini, sudah di jamin anda akan ketagihan dengan kelezatannya. Untuk 1 porsinya di baderol dengan harga Rp. 15.000 saja. lokasinya ada di jl. Hi. Abdul jalil bondowoso.

Sedangkan ciri khas dari bondowoso sendiri adalah TAPE nya yang terkenal legit dan nikmat
sampai-sampai Kabupaten Bondowoso berhasil membuat 9000 tape yang dibakar oleh 2013 orang peserta, Jumat (15/11/2013). Acara bakar tape terbanyak ini dilaksanakan di Jln. Letnan Karsono atau sisi utara alun-alun Ki Bagus Asra.
Tape yang sudah dibungkus daun telah dipersiapkan kurang lebih 1 ton oleh panitia lengkap dengan arang dan tungku untuk pembakaran. Peserta tinggal menyiapkan untuk membakar tape yang telah disediakan panitia. Dengan terpecahkannya tape bakar terbanyak ini, perwakilan dari MURI langsung menyerahkan Piagam kepada Bupati Bondowoso Drs. H. Amin Said Husni.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Pages

Blogger templates

- Copyright © Mohamad David - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -